Teori dan Perancangan Antena

Teori dan Perancangan Antena (4 sks - 6 jam/minggu)

Antena adalah perangkat penting dalam sistem telekomunikasi nirkabel. Pemahaman konsep antena sebagai perangkat elektronik yang mampu merubah energi listrik menjadi gelombang elektromagnetik dan sebaliknya merubah gelombang elektromagnetik menjadi energi listrik merupakan fokus awal dalam mata kuliah ini. Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari parameter penting dari antena, meliputi polaradiasi, Half power bandwidth, FBR,polarisasi, gain, bandwidth, impedansi dan matching impedansi atena beserta carapengukuran masing-masing. Pemahaman matematis dari antena juga menjadi topik pada mata kuliah ini, agar mahasiswa mempunyai pemahaman yang lebih baik, untuk dapat mengikuti perkembangan antena lebih lanjut dan juga memungkinkan mahasiswa terlibat dalam penelitian dan desain antena.


Mata Kuliah Pengolahan Sinyal Digital (4 sks dan 6 jam /minggu) merupakan matakuliah yang diberikan dalam bentuk teori dan praktikum. Matakuliah ini  mempelajari konsep pemrosesan sinyal digital seperti Sinyal diskrit,  TransformasiZ; Transfer Function, Transformasi Laplace, Filter Analog, Filter Digital (IIR dan FIR), aplikasi PSD. Matakuliah ini adalah matakuliah  teori dan praktikum.

Menjelaskan teori dan konsep pengelolaan organisasi industri agar mampu bertahan, dan terus berkembang menghadapi dinamika lingkungan eksternal yang terus-menerus berubah. Mempelajari hubungan antara kebutuhan/strategi organisasi dengan bentuk organisasi dan strategi manajemen sumber daya manusia (MSDM), manajemen produksi

2 sks - 2 jam/minggu)

Manajemen industri

Sistem Komunikasi Serat Optik

Mata kuliah Sistem Komunikasi Serat Optik (4 sks - 6 jam/minggu) mempelajari konsep teori sistem komunikasi serat optik dalam hubungannya dengan berbagai permasalahan dalam bidang teknik telekomunikasi yang meliputi konsep cahaya dalam fiber optik, kabel fiber optik, rugi-rugi daya dalam fiber optik, perhitungan desibel, desain sistem fiber optik secara sederhana.

Komunikasi data

Mata Kuliah Jaringan Komputer  & Komunikasi Data  (3 sks - 5 jam/minggu) mempelajari tentang dasar-dasar jaringan komputer, peralatan dan perangkat lunak dan keras yang diperlukan dalam merancang dan membangun jaringan komputer secara teoritis dan praktis. Jaringan yang dibangun meliputi jaringan menggunakan kabel dan wireless. Perkuliahan ini juga diberikan agar mahasiswa dapat memahami konsep komunikasi data elektronik yang dimulai dari ketersediaan media sampai dengan pengembangan aplikasinya dalam bentuk teoritis dan praktis. Pemahaman tentang berbagai media komunikasi data elektronik diberikan agar mahasiswa mampu memilih sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi yang dituju.

Perkuliahan ini diberikan dalam bentuk pembelajaran klasik di kelas disertai dengan simulasi komunikasi data untuk mengapresiasi berbagai algoritma yang diterapkan. Di luar kelas diharapkan mahasiswa diharapkan memperkaya pengetahuan dari sumber-sumber informasi dari perpustakaan dan internet serta forum diskusi elektronik.

Setelah mengikuti kuliah mahasiswa dapat menentukan teknologi komunikasi data yang tepat untuk mengimplementasikan jaringan komputer untuk suatu aplikasi dengan memperhatikan ketersediaan teknologi, biaya dan efisiensi operasinya.